Jumat, 02 November 2012

TIPS MENJAWAB SOAL LISTENING BAHASA INGGRIS



Soal listening Bahasa Inggris biasanya disajikan dalam beberapa bagian (parts); pictures, question-response, short conversation, dan short talks. Ada tips-tips tersendiri dalam menjawab masing-masing bagian soal.

PART-I : PICTURES

Pada bagian pertama dari UN Listening, anda akan melihat foto-foto dan kemudian diminta untuk memilih kalimat yang paling menggambarkan gambar. Untuk menjawab soal ini dengan baik adalah dengan memperhatikan gambar-gambar secara teliti. Perhatikan gambar pada saat ‘direction’ sedang diperdengarkan (karena petunjuk soal setiap tahun selalu sama). Sehingga pada saat soal diputar, anda sudah siap. Tanyakan kepada diri sendiri, gambar itu tentang siapa, apa, dimana atau kenapa.


PART-II : QUESTION – RESPONSE

Pada listening bagian ke-2 anda akan mendengarkan sebuah pertanyaan, kemudian anda harus memilih satu respon yang paling tepat untuk pertanyaan itu. Yang harus anda waspadai adalah:
Terdapat kata-kata yang bunyinya mirip dengan kata di pertanyaan.
contoh:
question: How much does it cost?
answer: Tank you very much.
Meskipun sama-sama terdapat kata much, tapi jawaban itu bukan respon yang tepat untuk pertanyaan ‘How much does it cost?
Perhatikan kata tanya di awal kalimat (WH question; who, what, when, where, why, what, How, dll.)
Waspadai pula penggunaan ‘question tags’
Jika anda ragu-ragu, pilih saja respon/ jawaban yang anda rasa paling masuk akal untuk pertanyaan tersebut. Yang terpenting jangan sampai lembar jawaban anda kosong.


PART-III : SHORT CONVERSATION

Pada bagian ketiga, anda akan mendengar dialog singkat dan kemudian anda mendapat pertanyaan tentang dialog tersebut. Dalam hal ini anda perlu menggunakan memori jangka pendek dengan baik. Strategi terbaik adalah untuk mewaspadai:
  • Kesamaan bunyi kata-kata pada jawaban dengan yang ada pada dialog
  • Kata negatif (don’t, hardly, won’t, dll.)
  • Kata-kata yang terkait dengan waktu (always, seldom, dll)
Cobalah membaca pertanyaan, dan bahkan mungkin jawaban, sebelum anda mendengar dialog. Periksa semua pilihan dan jangan memilih terlalu cepat.


PART-IV : SHORT TALKS

Dalam bagian keempat, anda akan mendengar monolog dan kemudian mendapat pertanyaan tentang hal itu. Yang harus anda lakukan kurang lebih sama sebagaimana dalam bagian sebelumnya, tetapi anda perlu lebih hati-hati dalam menyimak detail information dan memperhatikan konteks. Cobalah untuk membaca pertanyaan-pertanyaan sebelum monolog diperdengarkan, dan dengarkan seluruh pembicaraan sebelum memilih jawaban. Gunakan waktu anda dengan bijaksana, jangan tertinggal atau kehilangan informasi penting yang terkait dengan pertanyaan berikutnya.


Source: http://administrasigurusmk.wordpress.com/2011/10/06/tips-listening-un-smk/


(privetdriveno4_hyejung0316_choihyejung_niakurniati)

1 komentar: